8 Jenis Makan Yang Di Sukai Orang Tionghoa

8 Jenis Makan Orang Tionghoa

Negara china memiliki sangat banyak makanan khas china yang lezat dan nikmat, makanan khas ini memiliki nilai yang setara dengan jajaran makanan lain yang ada didunia.  Sebagai warga negara yang terletak di benua asia. china bukan hanya di kenal dengan pendapatan penduduknya saja  melainkan  makanan khas china yang memiliki kuliner yang lezat.

Nah buat anda semua yang ingin mencoba kuliner khas  cina yang memiliki rasa yang lezat, berikut ini ada 8 jenis makanan yang dapat anda cobanya. Makanan apa saja kah itu yuk langsung saja baca yang ada di bawah ini.

1. CAP CAY

Cap Cay berarti aneka ragam sayur dalam dialek Hokkian. Memang masakan khas Tionghoa ini terkenal karena dimasak dari berbagai macam sayuran dan biasa diolah dengan berkuah atau digoreng.

Beberapa jenis sayuran yang sering digunakan dalam pembuatan Cap Cai yaitu sawi, wortel, jagung muda, jamur, bunga kol, brokoli, daun bawang, tomat, dan sebagainya.

Selain sayuran ada juga yang menambahkan daging, telur, atau makanan hasil laut. Cap Cai memiliki citarasa gurih dan lezat.

2. HAINAN JIFAN

Dalam bahasa Indonesia berarti nasi ayam Hanian, dinamakan demikian karena berasal dari tradisi seni memasak dan penerapannya oleh suku Hanian perantauan. Di kawasan asia tenggara Hanian Jifan bercampur dengan gabungan unsur masakan Kanton dan masakan asia tenggara.

Hanian Jifan dibuat dengan cara ayam direbus dalam kaldu tulang ayam atau babi. Proses ini bertujuan untuk menghasilkan citarasa yang kuat dan minyak yang banyak. Sebagai pelengkap ditambahkan pula saus cabai, serbuk jahe, saus tiram, kecap, atau irisan timun.

3. BAKPAO

Bakpao adalah makanan khas tionghoa dan cukup terkenal di Indonesia. Bakpao berasal dari dua kata yaitu bak artinya daging dan pao berarti bungkusan. Awalnya daging yang digunakan dalm Bakpao adalah daging babi, akan tetapi seiring perkembangannya isinya pun beragam mulai dari daging ayam, sayuran, ikan, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang hijau, dan sebagainya.

Bungkusnya sendiri dibuat dari adnonan tepung terigu yang diberi ragi. Bakpao mempunyai tekstur yang empuk atau kenyal dengan rasa yang manis atau gurih tergantung isinya.

4. TANGCULIJI

Tangculiji merupakan hidangan berupa daging babi fillet yang dicampur dengan tepung kemudian digoreng. Penyajian Tangculiji dilakukan dengan dimasak bersama saus asam manis setelah sebelumnya ditiriskan dari penggorengan. Tangculiji mempunyai citarasa yang pedas, manis, dan gurih.

Tangculijin sangat cocok dinikmati ketika masih hangat apalagi ditemani juga dengan nasi yang masih panas.Tangculiji merupakan masakan yang berasal dari daerah Sichuan, Tiongkok.

5. SAPO TAHU

Salah satu makanan khas China yang tidak mengandung daging salah satunya yaitu Sapo Tahu, meskipun dalam perkembangannya ada juga yang menambahkan daging, ikan atau udang. Sapo Tahu memperoleh namanya dari penggunaan sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak makanan ini dan terbuat dari bahan keramik sehingga bisa menyimpan panas yang cukup lama.

Bahan dasarnya sendiri berupa tahu tiongkok, jamur merang, wortel, sawi putih, tepung maizena, dan campuran bumbu lainnya. Tahu dalam Sapo Tahu bertekstur halus dan lambut serta citarasa dari Sapo Tahu gurih dan lezat apalagi disajikan ketika masih panas.

6. FU YUNG HAI

Fu yung hai atau disebut juga Puyonghai adalah salah satu jenis masakan khas Tionghoa yang terbuat dari telur dadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan hasil laut.

Fu Yung Hai umumnya disajikan bersama saus asam manis yang terbuat dari tomat dan kacang polong, dan ada juga yang disajikan bersama potongan nanas. Salah satu menu legendaris ini memiliki citarasa yang gurih, renyah, dan saus asam manisnya yang menyegarkan.

 7. KWETIAU

Kwetiau adalah makanan mie yang identik dengan orang Tionghoa, etnis Hokkian dan Tio Chiu. Di Indonesia kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Hokkian banyak terdapat di pulau Sumatera yaitu kwetiau medan yang memakai campuran bakso ikan, sosis babi, dan telur bebek.

Sedangkan kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Chiu yang banyak tinggal di pulau Kalimantan adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat. Kwetiau terbuat dari tepung beras yang bertekstur kenyal, dan biasa diolah dengan cara digoreng atau disiram dengan kuah.

Menikmati kwetiau sangat cocok ketika masih panas dan biasanya ditemani dengan acar cabai rawit atau saus. Rasa yang dihasilkan pun sangat lezat dan khas bumbunya.

8. WON TON

Won Ton atau yang lebih dikenal dengan nama pangsit adalah daging cincang yang dibungkus tepung terigu berbentuk lembaran. Won Ton diolah dengan cara direbus dan disajikan bersama sup atau digoreng seperti kerupuk. Selain daging cincang isi dari Won Ton juga bisa berupa udang, daging babi, atau sayuran.

Bumbunya sendiri seperti kecap asin, saus tiram, dan minyak wijaen. Di Indonesia Won Ton atau pangsit seringnya berupa kulit tanpa isi dan diolah menjadi pangsit kuah, pangsit goreng, mie pangsit, dan cwie mie.

Related articles

Panduan Membuat Lasagna Yang Lezat Dan Sederhana

Panduan Membuat Lasagna Yang Lezat Dan Sederhana

Hallo semua dan selamat datang di kumpulbelajar, nah untuk pembahasan ini. Kita akan membuat makanan dari luar indonesia yaitu dari negara italia yang bernama dengan Lasagna. Untuk makanan yang lezat dan sederhana ini sangat di […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *