Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube

7 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Media sosial YouTube belakangan tumbuh dan berkembang menjadi salah satu mesin uang bagi sejumlah orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, banyak yang menggunakan YouTube untuk mendapatkan uang.

Caranya dengan menjadi content creator atawa Youtuber. Salah satu sosok terkenal adalah Daniel Middleton atau DanTDM yang penghasilannya mencapai US$ 16,5 juta atau Rp 225,11 miliar pada 2017 lalu.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube? Laman Daily Star pernah menuliskan tahapan demi tahapan secara sederhana.

Pertama, tahap awal adalah mendapatkan dan meningkatkan viewer dan subscriber. Tercatat ada 5 miliar video yang dilihat setiap hari oleh 300 juta pengujung YouTube.

Untuk meraih target itu, perlu konten yang menarik dan mengunggahnya secara teratur. Apabila memiliki banyak pengunjung, maka iklan akan segera datang.

Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan. Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya per tampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui. Iklan akan datang ke YouTube jika kita mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Kalau kita punya satu juta view, maka akan mendapatkan US$1.500 (Rp 20,47 juta). Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

Dalam perjalanan, Youtuber akan menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan secara mandiri. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya.

Meski begitu, tidak semua konten akan menghasilkan uang. Youtuber memang berpotensi mendapatkan 67% pendapatan iklan. Namun yang terealisasi hanya 15% dan itu yang menjadi pendapatan iklan karena banyak pengunjung yang melewatkan iklan yang ada di konten.

Cara lain dengan membuat video yang mempromosikan produk atau perusahaan atau istilah sekarang endorse. Nominal pendapatan bergantung kepada jumlah pengunjung. Biasanya tarif yang dikenakan US$10.000 per 100 ribu view.

Untuk mendapatkan pendapatan ini, Youtuber pemula penting memuat video yang berdurasi pendek, mudah diingat, dan original. Selain itu, perlu memanfaatkan media sosial lainnya untuk menyebarkan konten dan berinteraksi dengan penikmat kanal YouTube.

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Berikut ini adalah tips rahasia cara mendapatkan uang dari youtube yang belum banyak orang ketahui.

1. Tema Channel

Cara Menentukan Tema Untuk Channel Youtube - Tutorial Youtube Part 2

Saat ini ada beberapa tema yang bisa mendatangkan banyak penonton, diantaranya :

+Berita terkini dan olahraga (news)

+Musik

+Vlog

+Gaming

+Review Teknologi

+Tutorial Cara Membuat Website

Saran kami, pilihlah nice sesuai dengan passion atau hobi Anda. Sebab jika nice itu sudah menjadi passion Anda, kedepannya Anda akan selalu bersemangat dan YouTube adalah sarana untuk menyalurkan hobi.

Salah satu chanel yang terkenal saat ini adalah

+Jess No limit dengan chanel Game Mobile Legend,

+Chanel Atta Halilintar dengan Vlog,

+Chanel Nissa Sabian dengan nice Music dan masih banyak lagi.

+Ria Ricis dengan chanel mainan nya

Selanjutnya giliran Anda ! Pilih Nice Chanel sesuai passion dan maksimalkan.

2. Buat video/ konten yang semenarik

Sudahkah Konten Video Anda Optimal?

Konten yang menarik adalah kunci kesuksesan seorang YouTuber. Jika Anda mampu membuat konten yang menarik dengan sudut pandang yang berbeda, nantinya Anda bisa menjadi YouTuber terkenal.

Salah satu contohnya adalah YouTuber TKI korea yang pernah viral beberapa waktu lalu yaitu Bajindul vlog. Dimana dia bercerita tentang kehidupan TKI di korea dengan sudut pandang yang berbeda.

Sebab saat ini pengguna YouTube banyak menghabiskan banyak waktu di depan layar untuk melihat video-video yang menarik. Sebab banyak YouTuber yang mengupload video untuk tujuan bersenang-senang, ada juga yang mengupload video karena ingin mempromosikan bisnis atau event, ada juga yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain. Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat Nyata, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di YouTube.

Sampai disini apakah Anda akan menyerah? Jangan menyerah dahulu, sebab berlian tidak berada di permukaan tanah, melainkan harus Anda gali dengan usaha terlebih dahulu.

Namun tak kalah penting, pemilihan judul video sangat menentukan banyaknya jumlah penonton. Teknik pembuatan judul YouTube yang terkenal saat ini adalah teknik Clickbait, dimana YouTuber membuat judul video yang membuat banyak orang penasaran untuk meng-klik video mereka.

3. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Cara Mengupload Video ke YouTube dan Pengaturan Dasar

Agar Anda dapat menghasilkan uang dari YouTube, Anda harus mempunyai konten video original yang di-upload ke Channel Anda. Konten video juga harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

untuk mendapatkan ide konten video, Anda bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari. Misalnya kegiatan travelling, video unboxing, merekam anak ketika sedang bermain, dan masih banyak lagi.

4. Tingkatkan Subscriber Channel YouTube Anda

Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Subscriber YouTube Secara Aman ...

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan Subscribe Channel YouTube. Diantaranya adalah:

Disiplin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan kualitas video yang akan Anda upload, alangkah baiknya jika video yang akan di upload memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau passion Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain music, maka fokuslah mengupload video yang berhubungan dengan music. Misalnya Anda bisa membuat cover drum atau keyboard untuk lagu penyanyi terkenal. Dengan cara ini nantinya channel Anda akan mudah mendapatkan subscriber di YouTube.

Ajak audiens Anda men subscriber Channel Anda. Sebab semakin banyak subscriber, maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video yang Anda upload nantinya.

5. SEO YouTube

Pengenalan dan Cara Mengoptimasi SEO Youtube - Deni Abdul Gani

Apa pentingnya SEO untuk YouTube ? SEO YouTube sangatlah penting apabila Anda belum punya banyak subscriber, maka dari itu satu-satunya cara terbaik agar video Anda ditemukan penonton (tanpa subscriber) adalah dengan cara SEO YouTube melalui search YouTube.

Untuk meningkatkan SEO YouTube, pada dasarnya keyword dibagian tag dan deskripsi video sangat mempengaruhi SEO maka Anda, yang lebih penting lagi adalah Anda harus memasukkan kategori yang tepat/spesifik, kata kunci yang akan Anda kejar dibagian judul dan thumbnail.

Perlu Anda ketahui bahwa judul video dan gambar dasar video merupakan satu-satunya penyebab orang mau mengeklik video Anda, bisa di katakan kalau judul dan gambar thumbnail bisa jauh lebih penting dari isi video, Judul clickbait sendiri tidak terlalu jadi masalah oleh YouTube karena sistem YouTube sendiri lebih mementingkan pada jam tayang dan like / subscribe, jadi selama konten Anda tidak miss leading dan ditonton banyak orang maka cobalah buat judul yang “Mengundang orang untuk mengklik Video”.

6. Drama atau Gimmick

Indonesia Ghost Hunter : Menolak Gimmick! Drama Pemburu Hantu ...

Sebenarnya kami tidak menyarankan cara ini, tapi cara ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh YouTuber supaya konten mereka menarik.

Drama sangat diperlukan oleh YouTuber agar bisa mendapat kontent yang menarik, tak seperti sinetron, drama di YouTube biasanya di desain dengan editing video yang memberikan efek terterntu. Selain itu, drama akan meningkatkan tingkat penasaran viewer Anda, seperti halnya beberapa YouTube yang membuat gimmic seperti Prank atau keusilan saat membuat video.

Sampai kapanpun Gimmic atau drama akan selalu ada, ini adalah cara yang mudah serta terbukti tidak pernah gagal dari dulu sampai saat ini, baik nanti penontonnya akan suka (like) atau benci (dislike), mau ber komentar nyinyir, menjadi hater, atau negatif semua itu akan membuat engagement dan membuat dramanya makin besar.

Namun jika Anda tidak suka drama maka jangan penasaran, dan jangan ikut-ikutan, jangan mention teman, jangan like atau dislike, jangan komen apapun, karena semua hal itu hanya akan bikin dramanya semakin viral, bahkan dengan Anda nonton dan kepo tentang dramanya Anda sudah membantu orang lain makin terkenal.

7. Mendaftar Ke Google Adsense

√ Syarat dan Cara Daftar AdSense YouTube (Terbaru) - Niagahoster Blog7 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Untuk mendapatkan uang dari YouTube, Anda wajib hukumnya mendaftar di Google Adsense untuk me-monetize konten video Anda. Dan beruntungnya jika channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi ke google Adsense. Yang perlu Anda lakukan adalah hanya menghubungkan akun Google Adsense ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense Anda terhubung dengan chanel YouTube, maka Anda hanya tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda jika sudah memenuhi aturan YouTube yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

yang perlu Anda ingat, kunci keberhasilan menjadi YouTuber adalah kreativitas. Semakin banyak video yang Anda upload di Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan uang dari YouTube akan semakin besar juga. Enaknya menjadu YouTuber adalah tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah penghasilan Anda adalah jumlah views video yang Anda unggah ke YouTube.

Itulah Rahasia cara mendapatkan uang dari YouTube yaitu dengan teknik yang sudah dijelaskan diatas untuk mencari views sebanyak mungkin, jika Anda sudah memiliki banyak subscriber dan views nantinya uang akan mendatangi Anda, yaitu akan banyak perusahaan yang menawarkan kerjasama pada Anda, jadi janganlah terlalu memikirkan uang diawal karir YouTube Anda, fokuslah pada mengembangkan kualitas dan kuantitas kontent Ada.

Related articles

3 Cara Bikin Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri

3 Cara Bikin Stiker WhatsApp Pakai Foto Sendiri

Bosan dengan koleksi stiker dalam fitur teranyar WhatsApp? Coba saja buat stiker WhatsApp sendiri, lebih seru! Begini cara buat stiker wajah sendiri buat WhatsApp. WhatsApp sudah menambah fitur baru yang memungkinkan penggunanya berkirim stiker  walaupun ada yang belum […]

10 Tips Menghasilkan Uang dari TikTok

10 Tips Menghasilkan Uang dari TikTok

Siapa bilang TikTok cuma aplikasi alay. Saat ini para pengguna Instagram dan YouTube sudah banyak yang mulai menggunakan aplikasi TikTok. Terlebih dengan main TikTok, Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar. Namun, bagaimana cara menghasilkan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *