Manfaat Brokoli Bagi kesehatan Tubuh

kesehatan

Brokoli termasuk jenis  kubis dan dikategorikan sebagai tanaman hijau yang dapat dimakan, brokoli juga dikenal sebagai sayuran hangat dan lezat yang kaya dengan puluhan nutrisi dari setiap sayuran bagus bagu kesehatan tubuh.  Selain itu, brokoli juga kaya akan manfaat berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam seperti sumber vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran ini juga memiliki kalori yang rendah tetapi mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang mendukung banyak aspek kesehatan manusia.

Apakah kamu tahu bahwa brokoli juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan imun? Nah, simak daftar manfaat brokoli berikut ini!

1. Membantu mencegah kanker

Ada penelitian bahwa manafaat brokoli dan sayuran silangan lainnya dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker – terutama kanker prostat, paru-paru, payudara, dan usus besar.

Senyawa lain dalam brokoli yang dapat mencegah kanker adalah sulforaphane, atau sulfur organik alami. Sulforaphane mendukung fungsi dan pembagian sel normal dan bahkan meningkatkan apoptosis (kematian sel terprogram) di sel kanker. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi brokoli 3 porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker hingga 60 persen.

Brokoli juga mengandung jumlah serat yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit radang seperti kanker.

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Brokoli merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium – khasiat brokoli memainkan peran dalam menjaga kepadatan mineral tulang (mengandung kadar besi yang baik juga).

Beberapa ahli mengatakan vitamin K membangun tulang lebih baik daripada kalsium. Dan secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang Anda butuhkan dalam sehari. Vitamin ini, bersama dengan kalsium, juga membantu menjaga gigi Anda tetap sehat. Pada dasarnya khasiat brokoli dapat membantu melawan osteoporosis.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat brokoli dapat menjaga pembuluh darah tetap kuat, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sulforaphane dalam sayuran dapat mencegah dan bahkan mengatasi kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh masalah gula kronis.

Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan brokoli dapat meningkatkan kemampuan memompa darah jantung Anda. Ini juga mengurangi kerusakan pada jantung selama kekurangan oksigen. Sejumlah penelitian lain juga telah menghubungkan konsumsi brokoli dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Sayuran dapat mengurangi peradangan dan oksidasi arteri pada individu yang rawan stroke.

Studi juga menunjukkan bahwa sulforaphane yang sama pada brokoli juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah. Brokoli tidak mengandung kolesterol. Selain itu, mengingat memiliki serat, brpokoli juga mengatur kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Bekat kandungan vitamin K dan kolin yang melimpah, manfaat brokoli dapat membantu meningkatkan daya ingat dan memori. Selain itu, kandungan sulforaphane di dalam brokoli juga membantu mencegah timbulnya Alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Khasiat brokoli hijau dapat mengurangi peradangan di usus besar dan membantu mencegah kanker usus besar. Sayuran dipecah di perut menjadi senyawa tertentu, salah satunya adalah indolocarbazole (ICZ). ICZ ini mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon  (AHR), yang mempertahankan fungsi penghalang usus dan menangani masalah terkait seperti usus bocor. Usus bocor terjadi ketika penghalang usus dikompromikan dan terbuka untuk menyerang racun dan mikroba, yang menyebabkan penyerapan nutrisi yang lebih buruk.

Brokoli juga mengandung senyawa khas lain yang dapat dimanfaatkan oleh bakteri usus dan meningkatkan kesehatan usus keseluruhan

6. Meningkatkan metabolisme

Nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin D, vitamin K, folat, dan vitamin A dalam brokoli dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Serat, terutama, menunjukkan TEF (efek termal makanan) dan meningkatkan tingkat metabolisme Atubuh setelah memakannya.

Related articles

Hasil Uji Coba Obat Covid-19 Inhaler

Hasil Uji Coba Obat Covid-19 Inhaler

Percobaan obat eksperimental yang dihirup (inhaler) oleh pasien Covid-19 telah menunjukan pengurangan gejala penyakit yang signifikan. Obat yang disebut dengan nama SNG001 dikirim melalui inhaler dan didasarkan pada interferon beta, sebuah protein yang diproduksi secara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *