Cara Membuat Cincau Hijau yang Lembut dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara membuat cincau hijau tidak begitu sulit. Untuk membuat cincau hijau, kamu membutuhkan daun cincau hijau yang berbentuk hati dengan tekstur permukaan yang agak kasar

Cara membuat cincau hijau tidak begitu sulit. Untuk membuat cincau hijau, kamu membutuhkan daun cincau hijau yang berbentuk hati dengan tekstur permukaan yang agak kasar. Cincau hijau terbuat dari daun tanaman rambat Cylea berbata yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Selain cincau hijau, orang Indonesia juga mengenal cincau hitam. Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa bedanya cincau hijau dan cincau hitam. Ternyata ada beberapa perebedaan mendasar pada kedua cincau ini seperti bahan asal daunnya yang berbeda. Cincau hitam menggunakan daun tanaman Mesona palustris yang membuat rasa kenyang bertahan lama.

Cara penyajiannya juga berbeda, ketika cincau hijau biasanya dikonsumsi dengan kuah santan dan gula merah, cincau hitam biasa disajikan sebagai isian es buah, cappuccino cincau, hingga es campur. Selain itu, cara pembuatan kedua jenis cincau ini juga berbeda.

Cara membuat cincau hijau yang menyegarkan ini cukup sederhana. Hanya dengan melakukan 3 langkah mudah dan mempersiapkan beberapa bahan wajib kamu sudah bisa mendapatkan cincau hijau keingananmu.

Cara Membuat Cincau Hijau

Resep Cincau hijau oleh NP - Cookpad

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara membuat cincau hijau cukup sederhana. Tidak perlu repot-repot menyediakan ini dan itu, cara membuat cincau hijau cukup dengan menyiapkan dua bahan saja. Selain itu, hanya dengan mengikuti 3 langkah cara membuat cincau hijau kamu sudah bisa mendapatkan kesegarannya.

Bahan:

40 lembar daun cincau hijau

1 liter air matang

Berikut cara membuat cincau hijau:

1. Siapkan 40 Lembar Daun dan 1 Liter Air

Cara membuat cincau hijau yang pertama yaitu menyiapkan 40 lembar daun cincau hijau dan 1 liter air. Sebenarnya takaran ini tidak baku, kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan, berapa banyak cincau hijau yang kamu inginkan. Jika ingin cincau hijau yang lembut, kita bisa memakai 40 lembar daun dan 1 liter air matang. Dengan takaran tersebut, kita bisa menghasilkan tekstur cincau yang tak terlalu kental tapi tetap lembut.

2. Remas Daun Secara Manual

Selanjutnya, cara membuat cincau hijau adalah dengan menyiapkan baskom, lalu remas-remas daun cincau dengan sedikit air terlebih dahulu. Setelah daun hancur, baru tambahkan 500 cc air sedikit demi sedikit. Kemudian, saring. Lalu, tambahkan lagi sisa air sedikit demi sedikit sambil pada daun sambil kembali diremas hingga kandungan jelinya keluar. Lalu, saring dan campurkan ke hasil saringan yang pertama.

3. Simpan di Kulkas

Hasil saringan tadi bisa disimpan dalam wadah tertutup, lalu disimpan di dalam kulkas. Nanti cincau hijau akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan. Jadi dengan begini, kamu sudah mengetahui cara membuat cincau hijau yang baik.

Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

11 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan, Minuman yang Bikin Segar

Kaya akan Serat

Manfaat cincau hijau yang pertama didapatkan dari kandungan serat yang cukup tinggi. Mengonsumsi cincau dengan berbagai makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran dapat memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Sebagaimana diketahui, kebutuhan serat harian adalah sebesar 30 gram, sedangkan dalam cincau terdapat 6,23 gram kandungan serat. Dengan kandungan serat pada cincau hijau ini, kamu bisa menghindari penyakit degenerative seperti penyakit jantung koroner. Selain itu, cincau hijau juga memiliki kandungan kalori sebanyak 122 kalori dan 6 gram kandungan protein.

Mampu Mengatasi Demam

Cincau hijau juga mampu mengatasi demam yang sedang menyerang kamu. Hal ini terkait dengan rimpang atau umbi dari cincau hijau yang tumbuh di dalam tanah. Ambil rimpang cincau hijau tersebut, cuci bersih kemudian diiris halus. Rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan tersebut setelah matang. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum. Dengan begitu demam yang kamu rasakan bisa teratasi.

Mengontrol Penyakit Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya adalah, cincau hijau dapat mengontrol penyakit darah tinggi. Hal ini berkaitan dengan zat-zat yang terkandung dalam cincau hijau, seperti karbohidrat, saponin, flavonoid, kalsium, fosfor, polifenol, serta berbagai vitamin. Banyaknya zat yang dikandung cincau hijau tersebut menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya. Jadi tidak hanya sebagai minuman yang menyegarkan saja.

Sebuah penelitian di Universitas Gadjah Mada dilakukan kepada pasien tekanan darah tinggi dengan usia di atas 40 tahun. Hanya dengan menyiapkan 5 gram daun cincau segar dan dicampurkan dengan 150 cc air matang, lalu diperas. Dengan meminumnya secara rutin 2 kali sehari, pasien mengalami penurunan tekanan darah yang sangat signifikan. Bahkan ada seorang pasien yang berusia 70 tahun dengan tekanan darahnya mencapai 215mm/120mm mengalami penurunan tekanan darah menjadi 160mm/100mm dalam satu bulan setelah mengkonsumsi cincau.

Menyembuhkan Disentri

Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih. Remas-remas lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain. Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin selama satu minggu, disentri serta sariawan yang menyerang bisa langsung teratasi.

Related articles

Hasil Uji Coba Obat Covid-19 Inhaler

Hasil Uji Coba Obat Covid-19 Inhaler

Percobaan obat eksperimental yang dihirup (inhaler) oleh pasien Covid-19 telah menunjukan pengurangan gejala penyakit yang signifikan. Obat yang disebut dengan nama SNG001 dikirim melalui inhaler dan didasarkan pada interferon beta, sebuah protein yang diproduksi secara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *