Seafood Yang Wajib Di Konsumsi Untuk kesehatan

Seafood Yang Wajib Di Konsumsi Untuk kesehatan

Kita kembali lagi di kumpulbelajar, dengan pembahasan yang lebih baiknya lagi dengan gaya hidup sehat yang mengonsumsi makanan seafood. Gaya hidup sehat sekarang ini mulai mendapatkan tempatnya. Banyak orang khususnya orang perkotaan mulai menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan dan memiliki umur panjang. Dari sekian banyak makanan sehat yang dikonsumsi, salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi guna memenuhi gaya hidup sehat adalah seafood. Jenis makanan satu ini memiliki ragam bentuk dan pilihan.

Secara umum, jenis seafood terdiri dari empat jenis. Keempat jenis seafood yang dimaksud adalah ikan, kerang, moluska, dan rumput laut. Keempat jenis ini pun bisa kamu pilih yang memang benar-benar menyehatkan. Nah, jika kamu masih kebingungan jenis makanan seafood sehat mana saja yang layak untuk kamu konsumsi setiap harinya, berikut merupakan 10 jenis seafood sehat yang sudah Bob rangkum dari berbagai sumber.

10 Jenis Seafood yang di konsumsi untuk kesehatan

Salmon

Salmon

Seafood sehat yang pertama ini termasuk salah satu yang paling populer. Jenis ikan satu ini sendiri kaya akan omega-3 yang baik untuk tubuh. Ikan yang dimaksud di sini adalah ikan salmon.

Selain mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti mengurangi risiko terkena penyakit jantung, ikan salmon termasuk jenis ikan yang cukup mudah dalam hal pengolahannya saat akan dimasak. Dari sekian banyak jenis salmon yang ada di pasaran, salmon Alaska menjadi jenis salmon yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi. Salmon Alaska yang dikonsumsi jika memungkinkan pilihlah yang ditangkap secara liar alias bukan diternak.

Sarden

Sarden

Ikan sarden menjadi seafood sehat selanjutnya yang wajib kamu konsumsi. Jenis ikan satu ini bisa dibilang salah satu jenis ikan yang sangat mudah kamu temukan produk jadi di pasar tradisional ataupun supermarket terdekat.

Walaupun ikan sarden memiliki ukuran yang relatif kecil, bukan berarti kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya pun sama kecilnya. Ikan sarden sendiri justru kaya akan nutrisi seperti mineral, vitamin, dan omega-3. Dengan banyak nutrisi yang bisa didapat dari jenis seafood ini, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat. Salah satunya adalah berkurangnya kolesterol dan tekanan darah sehingga mampu mencegah stroke.

Tiram

Tiram

Daya tahan tubuh menjadi hal terpenting yang wajib kamu jaga di tengah pandemi virus corona yang belum ada tanda mereda. Salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah tiram.

Kandungan antioksidan yang tinggi ditambah dengan hadirnya vitamin C dan vitamin E membuat tiram akan sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain beberapa kandungan yang sudah disebutkan, ada banyak kandungan lainnya di tiram. Mulai dari vitamin A, protein, vitamin, mineral, asam amino tirosin, hingga asam lemak omega-3 bisa didapat saat kamu memakan tiram. Beberapa kandungan tersebut disinyalir mampu meningkatkan mood.

Baca : Soto Medan Dengan Resep Dan Cara Membuat Sangat Mudah

Udang

Udang

Dari sekian banyak seafood, udang menjadi jenis bahan makanan seafood yang paling mudah dan cepat dari semua jenis lainnya saat akan dimasak. Selain itu, udang pun sangat rendah kalori.

Oleh karena itu, tidak usah heran jika banyak orang menyukai olahan berbahan dasar udang. Soal kandungannya, udang pun tidak kalah kaya akan nutrisi baik yang pastinya dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Beberapa kandungan yang terdapat dalam udang di antaranya adalah protein, zat besi, omega-3, dan antioksidan astaxanthin yang berguna untuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung jika dimakan secara rutin.

Kepiting

Kepiting

Selain udang, kamu pun bisa mendapatkan seafood yang rendah kalori namun tinggi akan asam lemak omega-3 pada kepiting. Kepiting sendiri menjadi seafood yang wajib dikonsumsi sepanjang tahun.

Pasalnya, kepiting termasuk salah satu makanan dengan tingkat protein yang tinggi. Selain itu, kepiting pun mengandung elemen selenium, kromium, kalsium, seng, dan tembaga yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa didapat saat mengonsumsi kepiting untuk kesehatan antara lain mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan inflamasi. Namun, jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan kolesterol.

Rumput Laut

Rumput Laut

Jika kamu sedang mencari seafood sehat tapi bukan dalam bentuk ikan ataupun kerang, kamu bisa memilih rumput laut sebagai santapan seafood yang bisa kamu masak selama berkegiatan di rumah. Mungkin kamu akan kebingungan soal jenis rumput laut mana yang baiknya kamu konsumsi. Jika kamu mau, nori merupakan jenis rumput laut yang paling terkenal dan paling mudah ditemukan.

Nori sendiri biasanya digunakan sebagai pembungkus suhi dan onigiri. Soal kandungannya, rumput laun mengandung vitamin C, seng, yodium, protein, dan serat yang cukup tinggi sehingga membuatmu bisa merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga : Curry Jepang Dengan Resep Dan Cara Membuatnya

Cumi-Cumi

Cumi-Cumi

Seafood sehat selanjutnya jatuh kepada cumi-cumi. Cumi-cumi dikenal sebagai salah satu hewan yang menjadi sumber protein yang baik dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalium, zat besi, dan tembaga.

Nutrisi penting tersebut mampu membantu tubuh dalam menjaga kinerja dan kesehatan sel darah merah, tulang, dan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, nutrisi tersebut bisa membantumu dalam membangun tulang dan gigi. Berbeda halnya dengan kepiting yang berefek naiknya kolesterol, cumi-cumi justru dapat menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena cumi-cumi mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Gurita

Gurita

Dari kesepuluh jenis seafood sehat yang Bob rangkum ini, gurita menjadi salah satu jenis seafood tersehat dan sangat direkomendasikan untuk kamu konsumsi secara berkala dan rutin.

Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Daging gurita sendiri termasuk daging yang menjadi sumber zat besi, kalsium, kalium, fosfor, dan selium. Tidak heran jika gurita tersebut makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Tidak hanya nutrisi barusan saja yang terdapat di daging gurita, gurita pun kaya akan vitamin C, vitamin A, beberapa vitamin B, dan yang biasa ada di makanan laut yakni omega-3.

Kerang

Kerang

Kerang menjadi seafood sehat selanjutnya yang layak untuk kamu konsumsi. Bisa dibilang, kerang termasuk jenis makanan laut yang popularitasnya kalah dibandingkan makanan laut lainnya yang ada di daftar ini.

Padahal, kerang termasuk makanan laut yang mudah dimasak dan memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan makanan laut seperti udang, kepiting, lobster, dan lainnya. Kerang mengandung zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin, B, yodium, seng, dan selenium. Bagi kamu yang mengalami masalah pada fungsi tiroid, tingginya kadar yodium pada kerang mampu mengatasi masalah tersebut.

Lobster

Lobster

Seafood sehat terakhir yang ada di daftar Bob kali ini adalah lobster. Saking sehatnya lobster, kamu bisa memberi makan anak berusia satu tahun dengan daging lobster tanpa perlu khawatir efek samping.

Walaupun begitu, ada baiknya jika memang lobster diberikan kepada anak berusia tiga tahun. Jika diberikan secara rutin kepada seorang anak, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari asupan daging seafood ini. Membantu dalam melindungi anak terhadap penyakit seperti tiroid, depresi, dan anemia menjadi manfaat yang dimaksud. Batas porsi yang dianjurkan sendiri adalah dua hingga tiga porsi dalam seminggu.

Related articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *