7 Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman obat merupakan jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang), hingga akar digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan obat-obatan.

Sejak zaman dahulu tanaman obat sudah lama dipakai keluarga di Indonesia untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman obat sebenarnya bisa dibudidayakan sendiri di rumah.

Tanaman obat sendiri ada banyak macamnya. Berikut ini ada 7 jenis tanaman obat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Ciplukan

ciplukan

Buah ciplukan memang tidak begitu familiar seperti buah lainnya. Buah ini kerap ditemukan di pinggir sawah, kebun, dan pekarangan.

Karena tidak terlalu familiar buah ini jadi kerap dipandang sebelah mata. Padahal sebagai tanaman obat buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dari buah ciplukan seperti menyembuhkan hepatitis, malaria, rematik, dermatitis, asma bahkan juga kanker. Hal ini tak lain karena buah ciplukan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Saat ini bukan hanya bisa ditemukan di sawah atau daerah pedesaan. Sejalan dengan manfaatnya yang banyak kini buah ciplukan juga bisa di temui di kota besar dengan harga yang fantastis yakni mencapai ratusan ribu per kilogramnya.

Sebuah supermarket di ibu kota menjualnya hingga Rp 500 ribu per kilonya. Sedangkan di Brunei Darussalam dijual dengan 10 ribu per buah. Padahal ciplukan memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil.

2. Manfaat Daun Sirih

manfaat daun sirih

Daun sirih kerap dijumpai sebagai tanaman hias di halaman depan rumah. Namun selain sebagai tanaman hias ternyata daun sirih juga kaya akan manfaat.

Tanaman yang memiliki daun lebar dan biasa tumbuh menjulur atau menjalar ini memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol dan beragam jenis minyak esensial.

Daun sirih juga dikenal memiliki sifat antiseptic, antiinflamasi dan pendingin kulit sehingga mujarab untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit.

Beberapa manfaat lain dari daun sirih seperti meringankan sembelit, mengurangi masalah pernapasan, mengobati batuk, dan mengobati mimisan.

3. Daun Sirsak

sirsak

Kamu tentu saja tidak asing dengan buah sirsak, selain nikmat untuk disantap buah ini juga termasuk dalam buah yang mudah di temukan di Indonesia. Buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam menyegarkan, bisa dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dulu.

Buah sirsak kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh, setiap 100 gram daging sirsak yang dikonsumsi mengandung 3,3 gram serat yang bisa memenuhi 13 persen kebutuhan serat setiap harinya. Selain itu sirsak juga memiliki kandungan karbohidrat, vitamin C, vitamin B dan banyak lainnya.

Dibalik banyaknya nutrisi dalam buah sirsak siapa sangka kalau ternyata daunnya pun juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Kandungan acetogenin dalam sirsak mampu membunuh racun di dalam tubuh. Selain itu sirsak juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengatasi asam urat, meningkatkan kesuburan, dan mengobati kista ovarium.

4. Belimbing Wuluh

cara memutihkan kulit tangan dengan belimbing wuluh

Banyak orang memanfaatkan buah belimbing wuluh sebagai penyedap makanan dan juga obat tradisional. Manfaat buah belimbing wuluh ini didapat dari kandungan nutrisinya yang baik seperti vitamin C, vitamin A, folat, serat, dan masih banyak lagi.

Konsumsi belimbing wuluh secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. hal ini akan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Selain itu belimbing wuluh juga termasuk buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah.

Selain mengobati diabetes, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, turunkan tekanan darah, mencegah anemia, menyembuhkan batuk, dan menjaga kesehatan kulit.

5. Daun Sambiloto

sambiloto

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, ternyata daun ini telah lama digunakan dalam berbagai ramuan tradisional.

Tanaman ini dipercaya bisa mencegah dan mengatasi beberapa penyakit seperti meringankan gejala pilek dan flu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan infeksi sinusitis dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Temulawak

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suka temu-temuan. Tumbuhan ini asli berasal dari Indonesia khususnya dari Pulau Jawa. Di Indonesia sendiri temulawak digunakan untuk membuat jamu godog.

Temulawak mengandung 48-59,64 persen zat tepung, 1,6-2,2 persen kurkumin dan 1,48-1,63 persen minyak asiri yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi.

Selain itu, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan, mengatasi peradangan sendi, meningkatkan stamina dan mengatasi masuk angin.

7. Serai

002 destriyana

Serai kerap kali dikenal sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan, namun ternyata manfaat serai bukan hanya untuk penyedap masakan melainkan juga ramuan herbal untuk pengobatan tradisional.

Sudah sejak lama minyak esensial serai digunakan sebagai aroma terapi untuk menyegarkan udara, mengurangi setres dan memperbaiki suasana hati. Serai mengandung nutrisi di antaranya adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, asam folat, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C, vitamin A dan masih banyak lagi.

Serai memiliki manfaat seperti menjaga kesehatan gigi, melawan radikal bebas, detoksifikasi tubuh, meningkatkan kadar sel darah merah, menurunkan berat badan, redakan gejala PMS, menjaga kesehatan kulit, mengurangi kecemasan, anti peradangan, dan meredakan gejala flu.

Related articles

Peneliti Sukses Membuat Bir Sehat dari Durian

Peneliti Sukses Membuat Bir Sehat dari Durian

Kriza Calumba, seorang instruktur teknologi makanan dan sains dari Universitas Filipina-Mindanao, menciptakan ramuan yang terbuat dari bir namun sehat. “Kita sudah tahu betapa bagusnya probiotik bagi tubuh tetapi makanan atau minuman yang memilikinya biasanya berbasis […]

Dampak Buruk Depresi pada Ibu Hamil Terhadap Janin

Dampak Buruk Depresi pada Ibu Hamil Terhadap Janin

Depresi adalah salah satu hal yang rentan terjadi pada beberapa wanita hamil. Meski begitu, perasaan tertekan yang parah tersebut jarang didiagnosis secara pasti pada┬áibu hamil, karena menganggap hanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Padahal, banyak dampak […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *