11 Teknik Dasar Bulu Tangkis yang Mudah Dilakukan untuk Pemula

Menjadi pemain bulu tangkis professional tentu saja harus menempuh proses yang panjang dan memiliki teknik dasar bulu tangkis yang baik. Kamu harus menjalani tahap demi tahap agar mampu menjadi pemain bulu tangkis professional yang memiliki kemampuan mumpuni.

Nah, jauh sebelum mencapai tahap itu, hal pertama yang harus kamu lakukan, terutama bagi pemula yang ingin dan baru belajar bermain bulu tangkis, harus tahu terlebih dahulu teknik dasar bulu tangkis itu sendiri.

Teknik dasar bulu tangkis yang harus dipelajari

Ada banyak teknik dasar bulu tangkis yang harus diketahui dan dipelajari. Diambil dari berbagai sumber, berikut beberapa teknik dasar bulu tangkis atau juga yang disebut badminton.

1. Memegang raket dengan benar

Teknik dasar bulu tangkis yang pertama yaitu cara memegang raket. Raket adalah salah satu alat dan perlengkapan yang merupakan komponen penting untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas dari teknik permainan bulu tangkis atau badminton. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mengetahui serta menguasai teknik memegang raket badminton yang benar. Di dalam teknik memegang raket bulu tangkis terdapat dua cara, yaitu teknik forehand dan backhand.

Cara memegang raket dengan teknik forehand dapat dilakukan dengan menggunakan tangan kanan atau kiri. Pertama-tama posisikan kepala raket menyamping lalu pegang raket dengan posisi tangan seperti sedang berjabat tangan dengan orang lain. Pastikan ada jarak yang berbentuk seperti huruf V antara ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan jari yang lainnya menggenggam erat bagian pegangan raket secara erat.

Sementara itu pada teknik pegangan backhand, posisinya hampir sama semua. Perbedaan hanya terletak pada posisi ibu jari dan telunjuk yang lebih berdekatan. Saat memegang raket, posisikan ibu jari ada di bagian belakang pegangan raket dan posisi jari-jari tangan lainnya ada di bagian depan.

Baca Juga : 7 Barang Ini Jadi Penyebab Sulit Menabung, Simak Kebiasaan Membeli Barang yang Bikin Kalian Boros

2. Teknik melakukan pukulan

Teknik dasar bulu tangkis yang kedua yaitu teknik melakukan pukulan. Teknik yang dilakukan akan berpengaruh besar pada kualitas hasil pukulan. Umumnya, atlet bulu tangkis akan menggunakan teknik forehand ketika memegang raket. Ketika melakukan pukulan dengan teknik dasar bulu tangkis ini, badan atlet akan bergerak dan mengayun dari arah belakang ke depan dengan posisi hendak memukul shuttlecock.

3. Melakukan gerakan kaki

Teknik dasar badminton selanjutnya yaitu gerakan kaki. Tidak hanya tangan saja, gerakan kaki juga berpengaruh pada kelincahan ketika melakukan gerakan tubuh dalam permainan badminton. Oleh karena itu penting untuk melatih harmonisasi antara kaki dan anggota tubuh lain yang diperlukan saat bermain bulu tangkis. Harmonisasi yang baik ini sangat ditubuhkan ketika melakukan serangan atau pukulan serta bertahan dari serangan lawan. Untuk dapat terbiasa dan terlatih, ikuti program latihan fisik bulu tangkis secara rutin.

4. Melatih keseimbangan posisi badan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya adalah posisi atau sikap badan. Hal ini berkaitan erat dengan keseimbangan. Selain kelincahan dan kecermatan, keseimbangan tubuh juga sangat dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis. Menjaga keseimbangan tubuh dan posisi badan yang benar ketika melakukan serangan atau bertahan akan membuat performa atlet menjadi maksimal. Oleh karena itu, penting untuk berlatih teknik dasar bulu tangkis ini agar dapat menjaga keseimbangan tubuh.

5. Sikap dan posisi badan ketika melakukan pukulan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya adalah menempatkan posisi badan ketika melakukan pukulan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kualitas pukulan yang baik atau maksimal dalam permainan bulu tangkis. Perhatikan posisi bahu kanan dan kiri ketika melakukan pukulan. Harus ada pergantian posisi bahu dan kanan.

6. Teknik melakukan servis

Teknik dasar bulu tangkis yang keenam yaitu servis. Servis merupakan salah satu dari macam-macam pukulan dalam permainan badminton. Dalam melakukan teknik dasar bulu tangkis yang satu ini, terdapat tiga teknik khusus yang biasa dilakukan oleh atlet, yaitu; forehand pendek, forehand tinggi, dan backhand service.

7. Teknik mengembalikan servis

 

Teknik dasar bulu tangkis yang ketujuh yaitu teknik mengembalikan servis. Teknik permainan bulu tangkis dalam mengembalikan servis yang benar yaitu dengan melakukan dropshot dan netting. Perlu diperhatikan untuk menghindari melakukan smash dalam permainan badminton ketika mengembalikan servis karena akan menghasilkan pukulan yang tidak tajam. Hal ini akan mengakibatkan lawan dapat dengan mudahnya mengembalikan pukulan tersebut dan merasa diuntungkan dari hal tersebut.

8. Teknik overhead yang membutuhkan tenaga kuat

Teknik dasar yang kedelapan yaitu overhead. Overhead dilakukan ketika posisi jatuhnya shuttlecock berada di belakang posisi tubuh kita berdiri. Lakukan overhead dengan memukul shuttlecock seperti melempar dengan memegang raket teknik forehand. Dibutuhkan tenaga yang kuat untuk melakukan teknik overhead yang maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyak ikuti program latihan fisik agar stamina tetap terus terjaga dan terlatih.

9. Melakukan smash yang baik dan mematikan

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya adalah teknik melakukan smash. Smash yaitu teknik permainan bulu tangkis yang digunakan untuk menyerang dan mematikan pergerakan lawan. Teknik smash yang baik dan benar yaitu dengan melakukan lompatan tinggi dan kuat untuk menghasilkan pukulan yang kuat dan sempurna. Gerakan sempurna dari teknik dasar bulu tangkis yang satu ini akan menghasilkan gerakan shuttlecock yang sangat tajam. Untuk bisa melakukan smash yang baik, latih lah terus menerus agar menjadi semakin terbiasa dengan teknik permainan bulu tangkis yang satu ini.

10. Teknik dropshot untuk mengecoh lawan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin ketujuh, teknik dropshot merupakan salah satu teknik dasar bulu tangkis yang digunakan untuk mengembalikan servis. Teknik permainan bulu tangkis ini memiliki tujuan yang hampir sama dengan smash yaitu untuk mematikan pergerakan lawan. Namun bedanya yaitu, dropshot dilakukan dengan tidak terlalu bertenaga atau halus dan sedikit dorongan. Tujuannya adalah agar shuttlecock jatuh tidak jauh dari net.

Biasanya, teknik dasar bulu tangkis ini dilakukan untuk mengecoh lawan. Caranya yaitu dengan melakukan lompatan tinggi seperti melakukan smash namun pukulan yang dilakukan tidak terlalu kuat atau pelan sehingga shuttlecock bergerak jatuh di dekat net dan tidak tajam.

11. Netting, yang butuh kecermatan

Teknik dasar badminton selanjutnya yaitu netting. Teknik dasar bulu tangkis ini termasuk sangat sulit untuk dilakukan bahkan terkadang gagal dilakukan oleh seorang atlet badminton professional sekalipun. Teknik dasar bulu tangkis yang satu ini sangat membutuhkan kecermatan dan intuisi yang bagus dan tepat. Teknik permainan badminton ini diakukan dengan melakukan pukulan pelan pada shuttlecock dengan mengarahkan posisi jatuhnya sedekat mungkin dari net. Dengan melakukan teknik dasar bulu tangkis ini, maka diharapkan lawan tidak akan bisa mengembalikan servis atau pukulan balasan.

Related articles

Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami Tanpa Obat Obatan

5 Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami Tanpa Obat Obatan

Ada banyak cara melangsingkan tubuh secara alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan, tanpa perlu menggunakan obat pelangsing yang belum tentu efektif dan aman. Selain itu, dengan menggunakan cara alami untuk melangsingkan badan, hasilnya juga akan bertahan lama. Cara melangsingkan tubuh secara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *