5 Tips Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut

5 Tips Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lembut

Bakso adalah makanan yang berasal dari Tionghoa. Di Indonesia, bakso mulai diadopsi jadi sajian yang cocok di lidah lokal. Kini tidak cuma bakso daging atau ayam saja yang populer. Tapi sudah hadir pula bakso dengan bahan dasar lain seperti ikan.

Bakso ikan memang tidak terkenal seperti bakso lainnya. Namun, rasa gurih-manis dari hidangan ini mampu buat anda ketagihan. Teksturnya lembut, kenyal, dan tidak bau amis.

1. Pilih Ikan Berdaging Putih

Agar bakso berwarna putih bersih, pilih ikan berdaging putih. Selain itu, pilih ikan dengan duri yang tidak menyebar. Sehingga mudah saat diambil dagingnya. Contohnya ikan tenggiri, kerapu, dan kakap.

Bila anda suka, tambahkan beberapa udang segar dalam adonan. Sebab, udang bisa tingkatkan rasa manis dan aroma bakso ikan. Hanya saja jangan terlalu banyak, ya. Supaya warna putih khas bakso ikan tetap terjaga.

2. Tambah Es batu dalam Adonan

Sebelum adonan digiling, tambahkan es batu terlebih dulu. Es batu berfungsi untuk mengeratkan serat daging agar tidak lembek serta mudah dibentuk. Tambahkan 50-100 g es batu untuk setiap 250 g daging ikan.

Jika anda tidak punya es batu, dapat diganti  50 ml air es. Masukkan juga 1 butir putih telur agar adonan lebih merekat dan kenyal.

3. Campur Tepung Tapioka Secara Bertahap

Pertama, celupkan tangan anda ke air dingin terlebih dahulu. Sehingga nantinya adonan tidak lengket di telapak tangan.

Kemudian, campurkan tepung tapioka secara bertahap supaya adonan tidak menggumpal. Jangan lupa sembari uleni dan remas-remas sampai kalis. Jika perlu, banting adonan beberapa kali hingga lembut serta elastis.

Baca Juga : 7 Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula (Lengkap)

4. Rebus dengan Api Kecil

Panaskan air dan masukkan bulatan adonan saat sudah mendidih. Kemudian, masak bakso pakai api kecil hingga mengapung. Lalu, angkat dan celupkan dalam air dingin. Tujuannya untuk menghentikan proses pemasakan. Terakhir, tiriskan bakso hingga benar-benar tidak berair.

5. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Bakso yang sudah direbus bisa langsung dimasak lebih lanjut, disajikan, atau disimpan. Jika disimpan, letakkan dalam wadah kedap udara. Bakso yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga 1-2 bulan.

Sekarang tidak perlu lagi beli bakso ikan yang sudah jadi. Bikin sendiri lebih sehat dan terjamin keamanannya.

Related articles

Cara Membuat Pepes Ikan yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Pepes Ikan yang Gurih dan Lezat

Pepes ikan merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup popular di Indonesia. Makanan yang identik dengan bungkus daun pisang ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Pepes ikan dikenal dengan bumbunya yang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *