Cara Merawat Ikan Cupang Untuk Pemula

Cara Merawat Ikan Cupang Untuk Pemula

Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, ikan cupang sering dijadikan peliharaan untuk hiasan interior. Namun, apabila salah dalam merawatnya, maka dapat menyebabkan ikan mudah mati.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan cupang, sebaiknya memperhatikan cara merawat ikan cupang yang baik dan benar berikut ini.

1. Gunakan Wadah yang Benar

Cara Membuat Makanan Ikan Cupang di Rumah, Jadi Alternatif Hemat ...

Cara merawat ikan cupang yang pertama ialah memperhatikan wadah ikan. Wadah yang dapat digunakan untuk memelihara cupang bisa Anda buat menggunakan apa saja, mulai dari toples sampai aquarium. Namun, apabila Anda memilih menggunakan akuarium, sebaiknya menggunakan wadah yang berukuran 20 x 15 x 15 cm.

Ikan cupang memang dikenal dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja, akan tetapi ikan cupang jenis soliter yang kecil tidak perlu menggunakan wadah yang besar. Sehingga lebih baik menggunakan aquarium atau toples yang sesuai dengan ukuran cupang.

2. Perhatikan Air untuk Ikan Cupang

Mengisi Air Akuarium Agar Cepat Jernih? Ya, Begini Caranya ...

Salah satu cara merawat ikan cupang yang baik ialah dengan memperhatikan airnya. Salah satu air terbaik untuk memelihara cupang yaitu menggunakan air sumur.

Hal ini dikarenakan ikan cupang merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, sehingga dapat membuat ikan cupang merasa nyaman dan hidup lebih lama.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik untuk Dipelihara

3. Makanan untuk Ikan Cupang

11 Makanan untuk Ikan Cupang Sehat & Berwarna - Tokopedia Blog

Ketika memberi makan ikan cupang, sebaiknya cukup Anda menaburkannya ke dalam akuarium. Pasalnya, ikan cupang sendiri lebih tertarik mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air.

Selain itu, saat Anda memberikan makanan cupang sebaiknya dilakukan secara bertahap. Namun, apabila makanan yang Anda berikan telah habis, maka berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama.

Usahakan tidak memberi makanan ikan cupang terlalu banyak. Hal ini karena makanan yang tersisa dapat mengotori dan memicu timbulnya penyakit.

4. Rutin Membersihkan Wadah

6 Tahap yang Harus Dilakukan Saat Mengganti Air Akuarium

Cara merawat ikan cupang berikutnya ialah rutin membersihkan tempat atau wadah ikan cupang. Pasalnya, wadah yang kotor dapat meningkatkan risiko kematian bagi ikan cupang.

Sehingga sebaiknya bersihkan wadah cupang sedikitnya satu kali dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah ikan cupang mudah mati.

5. Menjemur Ikan Cupang

ART BETTAF: cara menjemur ikan cupang

Salah satu cara merawat ikan cupang yang sering dilewatkan ialah menjemur ikan cupang. Menjemur ikan cupang juga merupakan salah satu aktivitas yang wajib Anda lakukan. Hal ini sebaiknya dilakukan dengan tujuan agar ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang biasa terjadi di akuarium.

Cara menjemur ikan cupang yaitu letakkan akuarium Anda di tempat dengan suhu yang stabil. Usahakan mencari suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya cara ini dilakukan secara rutin agar ikan cupang dapat bertahan hidup lebih lama.

Related articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *